Penerapan Metode FIFO Pada Antrian Pelayanan Pemasangan Gas Alam Berbasis Website PT. Perusahaan Gas Negara Area Palembang

Authors

  • Raisya Aqilla Putri Tamimi Universitas Bina Darma
  • Firamon Syakti Universitas Bina Darma
  • M. Soekarno Putra Universitas Binadarma
  • Ade Putra Universitas Binadarma

Keywords:

FIFO, Agile, Blackbox Testing, Website

Abstract

Perusahaan Gas Negara (PGN) adalah perusahaan yang berada dalam program pelaksanaan dan membantu dalam perkembangan ekonomi dan nasional, terutama dalam peningkatan penggunaan gas alam untuk kepentingan masyarakat, juga penyediaan volume dan kualitas gas yang cukup untuk konsumsi masyarakat. Suatu perusahaan yang menerapkan sistem daftar dan laporan bagi pelanggan yang ingin berlangganan gas alam. Bagi calon pelanggan yang ingin berlangganan di arahkan untuk mendaftar dalam form sehingga data yang dimasukkan kemudian akan diteruskan untuk dilakukan proses selanjutnya, namun untuk sekarang ini situs pendaftaran tidak menyertakan informasi kepada pelanggan bahwa sudah sampai tahap mana proses yang mereka lalui sehingga pelanggan berasumsi bahwa terdapat keterlambatan respon perusahaan. Dari permasalahan diatas maka peneliti akan membuat sistem informasi berbasis website yang lebih informatif dari sebelumnya, dapat memberikan pelayanan yang maksimal dan bisa membantu pihak manajemen PT. Perusahaan Gas Negara Area Palembang. Metode First In First Out akan diterapkan dalam sistem antrian pendaftaran sehingga siapa yang pertama mendaftar akan segera dilayani untuk proses berikutnya. Penelitian dimulai dari pengumpulan data serta perancangan sistem menggunakan metode pengembangan agile yang terdiri beberapa tahapan yaitu planning, desain, pemrograman, sampai dengan testing sistem menggunakan blackbox testing. Setelah menyelesaikan tahapan pengembangan akan menghasilkan website layanan pemasangan gas.

Downloads

Published

2024-10-29