Implementasi Sistem Perpustakaan SMA Negeri 1 Ciwaru Menggunakan Model Analytical Customer Relationship Management (e-CRM)

Authors

  • Dyah Puteriawati Universitas Kuningan
  • Niken Nur Adiati Universitas Budi Luhur
  • Dadan Nugraha Universitas Kuningan
  • Aji Permana Universitas Kuningan

Keywords:

Perpustakaan, Customer Relationship Management, Enhance

Abstract

Perpustakaan merupakan bagian yang sangat erat kaitanya dengan sekolah, dimana perpustakaan sebagai sarana dalam menyediakan literatur-literatur yang dapat mendukung kegiatan pembelajaran. Dalam hal ini, bukan hanya siswa yang membutuhkan perpustakaan, akan tetapi guru, mahasiswa, dosen dan masyarakat sangat membutuhkan perpustakaan untuk menunjang kebutuhan literatur dalam mendukung pembelajaran. SMA Negeri 1 Ciwaru yang merupakan sekolah menengah atas yang sudah menggunakan perpustakaan sebagai sarana penunjang pembelajaran, permasalahan yang saat ini sedang terjadi yaitu sekolah belum mempunyai sistem perpustakaan yang digunakan untuk berbagai transaksi, termasuk proses peminjaman, pengembalian sampai dengan pembuatan laporan oleh petugas perpustakaan. Sehingga dibutuhkan sebuah sistem yang terkomputerisasi dalam membantu proses-proses tersebut. Penelitian ini merancang sebuah website dengan menggunakan strategi pendekatan Customer Relationship Management (CRM) yang memuat 1 tahapan CRM, yaitu Enhance. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan dengan observasi langsung, wawancara serta dokumentasi. Pemodelan yang digunakan dalam penelitian adalah dengan Analisis dan Perancangan Berorientasi Obyek dengan menggunakan Unified Modelling Languange (UML). Sistem e-CRM ini dibangun dengan menggunakan Hypertext Preprocessor (PHP) sebagai bahasa pemograman dan database MySQL. Penelitian ini menghasilkan sebuah sistem e-CRM berbasis website yang dapat meningkatkan pelayanan di perpustakaan SMA Negeri 1 Ciwaru yang meliputi fitur peminjaman, pengembalian, donasi buku, request dan booking buku, pembuatan laporan serta penanganan komplain yang dapat membantu kelancaran proses transaksi dan hubungan bagi sekolah serta siswa

Downloads

Published

2025-04-02